Kamis, 24 September 2009

Tim Lima Jamin KPK Bakal Tetap Independen

VIVAnews - Tim Lima yang bertugas merumuskan dan menyeleksi pengganti tiga pimpinan KPK sementara menjamin orang-orang yang mereka rekomendasikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono cukup kompeten. Mereka juga menjamin KPK tetap independen.

"Mereka tidak bertanggung jawab kepada Presiden. KPK masih independen. Mereka (tiga orang baru) harus menyadari bahwa mereka independen walaupun mekanismenya melalui Perppu," tegas salah satu anggota Tim Lima, Adnan Buyung Nasution, di Jakarta, Rabu 23 September 2009.

Tiga orang pengganti sementara ini tetap tanggung jawab kepada DPR dan sebagai pelaksana tugas negara akan berlangsung sampai pemilihan baru yang bisa terlaksana kalau tiga pimpinan KPK yang menjadi tersangka ditetapkan sebagai terdakwa.

Agar bisa tetap independen, Tim Lima yang terdiri dari Buyung, Menko Polhukam Widodo AS, Menkum HAM Andi Mattalatta, Todung Mulya Lubis dan mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, sebelum menetapkan tiga orang ini akan mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak yang menolak keras terbitnya Perppu. Pertemuan dimaksudkan untuk mendengarkan aspirasi mereka. "Termasuk mendengar aspirasi dua pimpinan KPK yang masih aktif," tegas Buyung.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan Perppu terkait penunjukkan pengganti pimpinan KPK sementara menyusul status tersangka yang ditetapkan pada tiga pimpinan KPK, yakni Antasari Azhar, Chandra M Hamzah, dan Bibit Samad Riyanto. Untuk menentukan tiga orang pimpinan baru KPK, Presiden membentuk tim perumus yang terdiri dari lima orang.


Sumber: Vivanews


Komentar:

Korupsi, selama tidak ada hukuman berat baginya, tidak akan pernah hilang dari negeri ini. Terhadap KPK-pun, ternyata koruptor melakukan perlawanan keras. Tak ada yang tahu siapa yang ada di belakang gonjang-ganjing KPK saat ini. Mulai dari kasus pembunuhan yang dialamatkan kepada Ketua KPK, sampai kasus penyuapan pada anggotanya. Nanti apa lagi? Kita tunggu saja kelanjutannya. Bagi anda yang memiliki analisis, silakan kirim kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar